Pendamping ke Tanah Suci Meniti Jejak Peradaban Nabi

10 Tips Sebelum Menjalankan Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 02 Maret 2024, 11:28:06

Untuk Anda yang baru pertama akan melakukan umrah, Anda pastinya bingung tentang hal yang harus Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari persiapan dokumen, pendaftaran, kelengkapan barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena jika ada yang kurang dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa tenang beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai gambaran apa yang wajib Anda siapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa menyimak artikel berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan haji, yakni rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran jasmani yang prima. Maka dari itu, jamaah umrah yang hendak berangkat umrah setidaknya harus ada persiapan sebulan sebelumnya agar dapat menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, serta mengkonsumsi makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa memulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal tubuh yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain tubuh yang bugar, Anda juga wajib mempersiapkan ruhani Anda supaya dapat benar-benar khusyu’ dalam beribadah umrah. Ibadah umrah membutuhkan niat yang tulus ibadah karena Allah SWT, juga keikhlasan dari hati. Sebab bagi seorang muslim yang melakukan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana yang harus dibayarkan via jasa travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Kelengkapan Data

Dokumen yang wajib dipenuhi sebelum melaksanakan umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima booking penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah persiapan yang wajiib diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper guna membawa barang yang Anda bawa. sebuah koper besar, sebuah tas jinjing, dan satu tas kecil. Masing-masing dapat dipenuhi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk diisi peralatan mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa identitas, kertas tisu, lotion, dan lainnya.

Belajar Tentang Ibadah Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini seringkali terlupakan, padahal sebenarnya hal ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita akan melakukan suatu ibadah, kita harus memahami syarat sahnya, rukun-rukunnya, urut-urutannya supaya tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus dihafalkan. Anda bisa mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku panduan ibadah umrah, browsing tentang ibadah umrah, dan sharing dengan orang yang pernah melaksanakan umrah.

Memilih Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Sebaiknya, Anda memilih biro jasa travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara membaca testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah menggunakan software khusus aplikasi umrah sehingga informasi layanan mereka bisa Anda pantau melalui online, misalnya dengan mengakses website, mendapat notifikasi surat elektronik dan SMS untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan memerlukan konsumsi obat-obatan khusus, Anda butuh membawa obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat menjalani ibadah umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum misalnya P3K dan minyak gosok, juga bisa Anda siapkan secukupnya.

Membawa Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak jenisnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, peniti, dalaman hijab, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya.

Untuk pria, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa kain ganti dan juga baju ganti ihram yang dibutuhkan. 

Menghafalkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Saat umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda minta. Ada pula doa titipan dari kerabat dan juga teman. Agar selalu ingat, siapkan catatan khusus doa, agar Anda ingat dan tidak blank saat memanjatkan doa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat beribadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, bawa di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itulah 10 hal yang wajib Anda siapkan sebelum melaksanakan umrah. Konsultasikan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak harus dipersiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id